Advertisement

Sabtu, 25 Maret 2017

Apa sih perbedaan Harddisk HDD dengan SSD?



Assalamualaikum, Hai kawan! Pada postingan ketiga ini saya akan membahas perbedaan antara  Harddisk HDD dengan SSD. Yuk simak ulasannya berikut ini :


      SSD atau di singkat Solid state drive sebuah perangkat dengan berbagai macam bentuk yang fungsinya sama persis dengan hardisk ( HDD ) yang biasa kita pakai untuk menyimpan data, Namun ada perbedaan yang sangat signifikan antara SSD dan HDD. perbedaan itu paling terlihat dari cara kerjanya.

6 Perbedaan Antara Hardisk (HDD) dengan SSD (Solid state drive)

1. Ukuran dan Berat SSD lebih kecil 

       Hardisk yang sistem kerjanya mengandalkan Piringan magnetik mengaruskan memiliki banyak mekanik seperti  platter, head juga komponen motor spindle untuk memutar platter menimbulkan efek panas sehingga untuk mereduce panas tersebut hardisk wajib terbuat dari logam yang secara material memiliki berat yang tinggi, juga banyaknya material serta bagian tersebut membuat perangkat penyimpanan hardisk tersebut memiliki berat yang hampir 8x lipat di bandingkan dengan SSD. Sedangkan SSD ( solid state drive ) hanya butuh dua komponen pokok yaitu processor dan Nand flash -> di Tambah kapasitas penyimpanan nandflash sendiri tidak tergantung dari ukuran seberapa besar chipnya, Sehingga bentuk serta ukuran dari SSD dapat lebih di minimalis dan memberikan efek SSD dapat di bentuk dalam ukuran kecil, bahan materialnya pun bisa di buat dari bahan plastik tanpa akan kehilangan fungsi pokok atau kerusakan pada perangkat. Bahan serta ukuran inilah yang menjadikan SSD lebih ringan di banding dengan Hardisk.

2. Kecepatan Baca dan Tulis SSD lebih cepat

       SSD menampakan Fungsi dan perbedaannya, Kecepatan Baca dan tulis SSD ( read and write ) jauh 10x lipat lebih tinggi di bandingkan dengan Hardisk Perbedaan tersebut dapat kita lihat pada saat process booting komputer, Laptop yang menggunakan SSD dapat melakukan startup dalam waktu hitungan detik bahkan bisa lebih, sedangkan untuk hardisk membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memperjelas penjelasan saya ada 1 screenshoot yang memberikan informasi perbedaan antara speed pada SSD dan HDD. juga 1 video yang menampilkan process booting windows dimana yang paling kiri menggunakan SSD dan kanan menggunakan hardisk, Dalam video yang di review oleh jagatraya tersebut nampak jelas bahwa laptop yang menggunakan ssd hampir 2x lipat lebih cepat process booting nya.

 3. Sistem Kerja 

       Perbedaan dari segi sistem kerja sudah di jelaskan sejak awal postingan ini berjalan, jadi saya tidak akan banyak begitu menjelaskan yang jelas tampak dari perbedaan tersebut ialah sistem mekanik hdd menggunakan motor spindle layaknya pita kaset dan piringan hitam dan sebagai media untuk menulis dan membacanya menggunakan head. Sedangkan SSD menggunakan sistem di gital dimana tidak ada media perantara untuk menulis dan membaca data yang tersimpan pada Memory Nandflash.

4. Efek Yang ditimbulkan 

         HDD merupakan Sebuah perangkat penyimpanan keras yang tersusun atas mekanik dan terdapat putaran pada platter (sebuah piranti magnetik berbahan dasar logam) yang di gerakan oleh motor spindle.
  • Putaran motor spindle tersebut akan menghasilkan Panas
  • Motor spindle yang berputar secara kencang akan membutuhkan konsumsi daya yang tinggi
  • putaran Motor spindle dan piringan platter akan menghasilkan Efek noise yang tinggi terlebih jika Platter sudah mulai susah untuk di baca Oleh head
Ini tidak Terjadi pada SSD karena tidak memiliki susunan Mekanik untuk dapat bekerja
  • Panas dan suhu SSD sangat rendah karena konsumsi daya kurang dari 0,5 Wat
  • Konsumsi daya pada SSD lebih rendah dan sangat jauh jika pada Hardisk membutuhkan sekitar 10Wat untuk bekerja pada SSD hanya butuh 0,5 wat saja.
  • Tidak ada struktur mekanik yang berputar sehingga tidak ada efek noise yang di hasilkan pada media penyimpanan SSD generasi terbaru saat ini.


5. SSD tidak ada Istilah Bad sector 

       Bagi kalian pengguna SSD akan lebih tenang dan nyaman karena penyakit yang paling di takuti oleh pengguna hardisk yaitu badsector tidak akan terjadi pada pengguna SSD. Badsector sendiri ialah kerusakan yang di sebabkan oleh rusaknya piringan platter yang biasanya di sebabkan oleh terhentinya motor spindle dan waktu itu head sedang membaca platter, sehingga blok platter akan cacat akibat mati listrik. Karena pada SSD tidak memiliki piringan sehingga tidak akan ada lagi yang di sebut Penyakit Badsector.

6. Harga SSD mahal 

       Kelebihan SSD yang sangat komplek menjadikan media penyimpanan ini memiliki harga komersil yang sangat tinggi, Kecepatan merupakan alasan paling mendasar yang menjadikan komponen ini (SSD) memiliki harga hampir 10x lipat dari hardisk biasa.

Itulah 6 perbedaan antara Harddisk HDD dengan SDD, cukup sekian ya. Terimakasih..
Wassalamualaikum

0 komentar:

Posting Komentar

Postingan Terakhir

Unsur Manajemen

 Pagi tadi saya telah belajar mengenai unsur manajemen, dan alhamdulillah saya sudah mengerti. Sekarang saya akan meringkas yang saya ta...